My Rainbow Dreams

Just Blogger Templates

Sabtu, 01 Oktober 2011

13 Hukum Kehidupan Untuk Kesuksesan Anda


pintu sorga , neraka
Pernahkah Anda berpikir mengapa hanya sedikit orang saja yang meraih sukses besar, sementara banyak orang tidak mencapai apa-apa dalam hidupnya? Ternyata segelintir orang yang sukses itu, sebut saja Bill Gates, Warren Buffet, Donald Trumph, dR, dll., tahu rahasia hukum-hukum kehidupan. Mereka mengerti bahwa setiap orang dipengaruhi oleh hukum kehidupan, karena itu kalau ingin sukses tidak ada pilihan lain kecuali mempraktekkan hukum kehidupan itu. Ada 13 hukum kehidupan yang perlu kita tahu dan jadikan ini sebagai bekal untuk kita meraih sukses ditahun ini.

1. HUKUM TANGGUNG JAWAB
[Anda tidak bisa mengubah sesuatu yang bukan tanggung jawab Anda]


Ketika melihat anak tetangga berperilaku buruk dan sangat nakal, apakah Anda akan memarahi dan menghajarnya supaya anak tersebut menjadi baik? Tentu saja tidak. Mengapa? Anak tersebut bukan tanggung jawab Anda, karena itu Anda tidak akan mengubah perilakunya. Demikian juga hal yang sama berlaku dalam hidup kita soal meraih kesuksesan. Jika kita merasa bahwa gagal dan hidup yang menderita bukan tanggung jawab kita, maka kita tidak akan pernah terlibat dan mau mengubahnya. Ingat, tanggungjawab ada di tangan kita 100%. Bertanggung jawab membuat Anda terlibat. Keterlibatan membuat Anda sukses.

2. HUKUM KENDALI
[Kendali ada di tangan Anda]

Ingatlah bahwa yang terutama bukan masalah yang terjadi pada diri kita, tapi bagaimana kita meresponi hal tersebut dengan benar. Selama kita tahu hukum ini, maka kita akan sadar bahwa ketika kita mengalami hal-hal yang buruk, kita sadar bahwa kita bukanlah korban sebab hidup adalah pilihan. Masalah boleh terjadi dalam hidup kita, tapi kitalah yang memutuskan dan mengendalikan hidup kita apakah kita akan kalah dengan masalah itu, ataukah kita berani mengatasi masalah tersebut. Ingatlah bahwa arah kapal tidak dikendalikan oleh angin yang menerpanya, tapi dikendalikan oleh kemudi yang ada pada kapal itu!
Saya memilih untuk hidup bahagia, Saya memilih untuk hidup dalam kesuksesan!

3. HUKUM SEBAB AKIBAT
[Apa yang ditabur, itu juga yang akan dituainya]

Apa yang Anda tabur, itulah yang akan Anda tuai. Anda menabur benih padi, Anda juga akan menuai padi. Anda menabur kebaikan, Anda menuai kebaikan. Anda menabur kerja keras, Anda menuai kesuksesan. Dimana Anda menabur, disitulah Anda menuai. Anda menabur di ladang, Anda tidak mungkin menuai di laut. Demikian juga jika Anda menabur kerja keras di bisnis Anda/Tempat kerja Anda, maka di bisnis Anda lah/tempat kerja Anda lah akan mendapat tuaiannya. Kapan Anda menabur, itu menentukan kapan Anda menuai. Karena itu jangan pernah tunda-tunda lagi, segeralah menabur hari ini sebab semakin cepat Anda menabur makan semakin cepat juga Anda akan menuai.

4. HUKUM PIKIRAN
[Saya dapat mengendalikan dunia saya dengan mengendalikan pikiran saya]

Segala sesuatu yang ada di dunia ini adalah hasil dari pikiran manusia. Sebelum sesuatu ada di dunia, hal tersebut sudah tercipta atau ada di pikiran lebih dulu. Sebelum pesawat terbang tercipta di dunia, pesawat terbang tersebut sudah tercipta di benak pikiran Wright Bersaudara. Itulah kekuatan pikiran. Kita bisa mengendalikan dunia kita dengan mengendalikan pikiran kita. Mengapa? Pikiran menghasilkan tindakan, tindakan menghasilkan kebiasaan, kebiasaan menghasilkan sukses! Jika ingin berubah, maka yang pertama kali berubah haruslah pikiran kita terlebih dulu.

Pikiran kita berubah, maka cara pandang kita akan berubah, maka dunia kita pasti akan berubah!

5. HUKUM FOKUS
[Anda tidak dapat memikirkan dual hal sekaligus, fokus satu hal saja]

John Maxwell pernah berkata, "Jika kita berusaha mengejar dua kelinci sekaligus, maka kita justru akan kehilangan dua-duanya." Fokuslah pada satu hal saja, itulah yang akan memunculkan suatu kekuatan yang luar biasa, seperti halnya sebuah cahaya yang difokuskan pada kaca pembesar bisa membakar sesuatu. Jika ingin sukses di dunia bisnis/tempat kerja Anda, maka kita harus fokus pada dunia tersebut.
Apa tujuan Anda? Fokus lah! Action! Lihat hasilnya! Lakukan Analisa! Buat tujuan lebih besar lagi!

6. HUKUM KEYAKINAN
[Bagaimana cara Anda memandang diri sendiri menentukan level kehidupan yang Anda alami]

Apa yang Anda percayai pasti terjadi! Anda mempercayai hal yang positif, itu pasti terjadi. Demikian juga sebaliknya, ketika Anda mempercayai hal yang negatif, maka itu juga yang akan terjadi. Anda mempercayai hal-hal besar dalam diri Anda, itulah yang terjadi. Sebaliknya, jika Anda mempercayai hal-hal yang kecil, itulah yang akan terjadi. Ingatlah bahwa cara Anda memandang diri sendiri menentukan level kehidupa yang Anda alami.
Sebab itu milikilah keyakinan yang kuat bahwa Anda adalah orang besar yang bermimpi besar, berjiwa besar, melakukan hal yang besar, dan menghasilkan kesuksesan besar!

7. HUKUM PENGHARAPAN
[Apa yang Anda harapkan dengan penuh kepercayaan akan menjadi kenyataan]

Apa yang Anda harapkan, itulah yang akan Anda terima. Ketika Anda berharap nasib Anda berubah, maka Anda akan berusaha keras. Ketika Anda berjuang untuk mengubah nasib Anda, maka nasib Anda benar-benar berubah. Sebab itu kebangkrutan terbesar yang dialami manusia bukanlah ketika ia kehilangan uang, pekerjaan, materi ata harta benda, tapi ketika ia kehilangan pengharapan!
Hilang pengharapan berarti hilanglah semuanya.

8. HUKUM SIKAP
[Anda memiliki kendali atas sikap Anda dengan mengendalikan pengharapan Anda]

Sikaplah yang menentukan apakah kita berhasil atau gagal. karena itu jika ingin hidup kita berubah, yang pertama kali perlu kita ubah adalah sikap atau attitude kita lebih dulu. Jika kita memiliki sikap dan pikiran yang positif, maka hidup kita akan mengarah kepada hal-hal yang positif dan pencapaian-pencapaian yang positif pula. Kegagalan kita memiliki kendali atas sikap membuat kita kehilangan kendali juga atas kehidupan kita.
Hilangnya kendali atas hidup kita membuat kita tidak mencapai apa-apa.

9. HUKUM MAGNET
[Anda akan menarik orang, gagasan dan sumber daya yang selaras dengan pikiran dan pengharapan Anda yang dominan]

Jika pikiran dan pengharapan kita yang dominan berkata, "Saya pasti sukses. Saya punya banyak teman. Saya sangat sehat." Hal-hal itu juga yang akan terjadi dalam hidup Anda. Jika sebaliknya Anda berkata, "Saya tidak bisa, Saya tidak mampu. Ini sangat sulit. Itu hal yang mustahil." Maka apa yang kita katakan itu juga yang akan kembali kepada kita. Apa yang paling dominan dalam pikiran, pengharapan, dan perkataan kita, itulah yang akan kembali kepada kita.

10. HUKUM RESIKO
[Tidak ada upah dalam hidup ini tanpa resiko]

Kita sering mendengar istilah populer "no pain, no gain", segala sesuatu mengandung resiko. Jika kita tidak berani mengambil resiko, maka kita juga tidak akan mendapat apa-apa. Jika kita takut melangkah, apakah kita bisa sampai diseberang jalan? Tentu saja tidak. Jika kita takut melangkah apakah nasib kita akan berubah, tentu saja tidak. Memang ketika kita melangkah selalu ada resiko yang menyertai, namun sesungguhnya hidup yang paling beresiko adalah ketika kita takut mengambil resiko sebab kita tidak akan pernah mencapai apa-apa!

11. HUKUM KEMUNGKINAN
[Jika Anda semakin sering melakukan, maka kemungkinan Anda untuk berhasil semakin besar]

Jika Anda hanya sedikit melakukan maka kemungkinan Anda untuk berhasil juga sangat sedikit. Brian Tracy berkata, "Jika Anda hanya punya satu anak panah untuk dilempar ke sebuah dart board (papan sasaran), lantas berapa kesempatan Anda untuk mencapai sasaran? Cukup kecil, bukan? Jika saya memberi Anda seratus anak panah untuk dilempar, meski Anda seorang yang bodoh, maka dapat dipastikan paling tidak, lebih dari satu anak panah mengenai sasaran itu." Semakin sering kita melakukan sesuatu yang positif, maka akan semakin terbiasa kita melakukannya dan pasti akan ada timbal balik yang positif juga kepada kita.

12. HUKUM LATIHAN
[Anda akan menjadi kuat dan bertambah ahli bila berlatih]

Orang-orang yang hebat tidak langsung ahli dengan tiba-tiba tapi mereka sudah menjalani serangkaian proses latihan yang panjang. Membentuk otot yang kuat tidak langsung dengan tiba-tiba, tapi perlu latihan beban setiap hari. Jika ingin sukses, pastikan kita mendisiplinkan diri dan berlatih keras setiap hari secara kontinyu sampai apa yang kita inginkan terwujud.

13. HUKUM PENGERTIAN
[Kita mengambil tindakan pada hal-hal yang kita mengerti saja]

Jika saya memerintahkan Anda untuk mengambil keechie-keechie. Tentu saja Anda tidak akan berbuat apa-apa saat mendengar perintah itu. Mengapa? Karena Anda tidak mengerti barang atau apakah arti keechie-keechie itu. Demikian juga halnya dengan hidup kita. Kita hanya mengambil tindakan pada hal-hal yang kita mengerti saja, sebab itu kita harus menjadi orang yang berwawasan, open minded, dan mengerti secara persis strateginya.

0 komentar:

Poskan Komentar