My Rainbow Dreams

Just Blogger Templates

Minggu, 16 Oktober 2011

Teknik Merawat Mata Agar Lebih Sehat dan Awas


Dengan bertambahnya usia, tingkat kemampuan indera dan juga organ tubuh akan melemah. Salah satunya adalah daya penglihatan mata kita. Dengan mata normal, akan sangat mudah melakukan segala halnya. Namun di saat daya penglihatan mata sudah melemah sehingga harus menggunakan kacamata, setiap kegiatan akan nampak menyulitkan. Sebelum terlambat, lebih baik lakukan 4 hal berikut.

  1. Makan lebih banyak wortel Kandungan lutein dan beta karoten yang terdapat dalam wortel terbukti dapat mencegah degenerasi makula, penyakit mata yang menyebabkan pandangan jadi kabur atau muncul blind spot di bagian tengah area penglihatan Anda. Meski begitu, tak harus selalu makan wortel, asalkan banyak makan makanan yang mengandung beta karoten.
  2. Lebih sering mengedipkan mata Jarang berkedip bisa membuat mata jadi kering sehingga pandangan bisa menjadi kabur. Hal ini dapat disiasati dengan sering berkedip dan juga dengan air mata buatan yang tersedia di apotek. Umumnya seseorang akan berkedip 15 kali per menit, namun disaat sesorang sudah fokus pada sesuatu, akan menurun hingga 3-4 kali permenit.
  3. Melihat objek di kejauhan Saat mata melihat objek dari dekat (close-up), hal ini akan membuat mata lelah dan pandangan menjadi kabur. Hal ini lebih sering dilakukan saat sedang bekerja memperhatikan komputer. Ada baiknya saat bekerja, kita berhenti sejenak dan mengalihkan perhatian sejenak ke objek yang lebih jauh agar mata lebih rileks, bahkan ada baiknya memejamkan mata sebentar untuk mengistirahatkan mata.
  4. Main video game Di satu pihak, main video game berisiko membuat mata menjadi kering. Namun permainan video action games ternyata juga bisa memperbaiki kemampuan spasial pada daya penglihatan Anda. Namun tetap saja jika bermain video games yang berlebihan akan merusak penglihatan mata.
Nah, sebelum terlambat, lakukanlah yang terbaik dan jaga lah kesehatan mata Anda.

0 komentar:

Poskan Komentar