My Rainbow Dreams

Just Blogger Templates

Selasa, 18 Oktober 2011

10 Cara Agar Anak Dapat Nilai A++

Hasil penelitian menunjukkan, keterlibatan orangtua merupakan faktor penentu keadaan anak-anak di sekolah. Setidaknya ada 10 cara yang dapat Anda lakukan untuk membantu anak Anda agar berhasil dalam kelasnya :

1. Ciptakan lingkungan yang mendorong semangat belajar. Bisa dengan menyediakan berbagai macam kesempatan sehingga mereka lebih senang belajar, misalnya dengan menyediakan benda-benda seperti puzzle sampai melukis di komputer. Hal ini penting untuk merangsang keingintahuan mereka.


2. Menyediakan kehidupan yang seimbang. Rumah yang stabil, lingkungan yang kondusif dan penuh cinta, merupakan dasar yang kuat untuk membantu anak mendapat nilai yang baik di sekolah. Ini termasuk kesempatan anak mendapat tidur yang cukup dan makan teratur dengan gizi cukup. Batasi televisi dan video game agar waktu mereka tidak tersita oleh hal-hal yang tidak bermanfaat.


3. Membaca setiap hari untuk anak Anda. Kebanyakan proses belajar yang dilakukan di sekolah mencakup masalah membaca. Secara tidak langsung dengan membacakan cerita kepada anak juga turut mengajar mereka membaca. Bacakan dengan suara keras bahan-bahan yang sulit untuk mereka baca sendiri agar bisa memperluas serta memperkaya kosa kata dan pengalaman mereka.


4. Dorong mereka membaca lebih dalam. Saat anak Anda melanjutkan ke sekolah yang lebih tinggi, mereka akan mempelajari segala hal yang berasal dari bahan yang dicetak. Semakin banyak anak membaca, kemampuan membacanya akan semakin baik. Pastikan terdapat beragam bacaan yang menarik di rumah Anda untuk mendorong kebiasaan membaca.


5. Tunjukan bagaimana mengorganisir sesuatu. Anak-anak yang terbiasa teratur lebih mudah untuk sukses di sekolah. Salah satu cara terbaik untuk mengajarkan kemampuan mengorganisir sesuatu adalah melalui contoh. Tunjukkan kepada anak-anak bagaimana menggunakan alat-alat yang berhubungan dengan pengorganisiran seperti tabel tugas, kalender, buku catatan, binder dan tas punggung.


6. Ajari mereka kemampuan belajar efektif. Kemampuan belajar dengan baik penting untuk mendapat nilai baik. Pastikan anak Anda tahu bagaimana membaca buku teks, mempersiapkan ujian, menghapal dan juga menggunakan waktu mereka secara efisien. Dorong mereka agar memiliki waktu rutin untuk belajar dengan menyediakan tempat belajar yang bebas dari gangguan.


7. Dorong anak untuk mendengarkan dan berpartisipasi dalam kelas. Mendengarkan dalam kelas adalah jalan mudah bagi anak-anak untuk belajar. Nasihatkan anak Anda untuk rajin mencatat. Karena hal ini berguna bagi mereka agar dapat berkonsentrasi terhadap apa yang dikatakan oleh guru. Dorong pula anak Anda untuk ikut berpartisipasi dalam kelas - ini akan meningkatkan keinginan mereka dalam belajar.


8. Bantu anak Anda mempelajari bagaimana menyelesaikan pekerjaan rumah. Mengerjakan pekerjaan rumah menguatkan apa yang telah dipelajari anak di sekolah. Tunjukkan kepada mereka bagaimana mengerjakannya. Dengan demikian pekerjaan rumah bisa menjadi bagian dari tanggungjawab mereka. Bantu mereka mempelajari tugas apa yang harus didahulukan. Beri penekanan bahwa setiap tugas itu merupakan pengalaman belajar.


9. Bicarakan mengenai sekolah kepada anak-anak Anda. Anak Anda menghabiskan banyak waktu di sekolah setiap hari. Banyak hal yang akan terjadi selama waktu tersebut. Tunjukkan Anda tertarik mendengarkan cerita mereka dengan bertanya apa yang telah mereka lakukan di sekolah. Dan juga perbincangkan mengenai tugas-tugas yang dibawa ke rumah. Jika terjadi masalah, coba cari pemecahannya bersama anak Anda.


10. Bangun hubungan yang baik dengan guru anak Anda. Komunikasi yang baik antara rumah dan sekolah membantu anak berkelakuan baik di sekolah dan membuat lebih mudah melihat suatu masalah. Pastikan untuk menghadiri pertemuan antara guru dan orangtua. Kunjungi pula kelas anak Anda. Menjadi sukarelawan di sekolah mereka juga bisa dilakukan untuk menolong para guru. Dan jangan lupa untuk mengekspresikan apresiasi Anda terhadap guru-guru atas apa yang telah mereka lakukan untuk anak-anak Anda.
 

0 komentar:

Posting Komentar