My Rainbow Dreams

Just Blogger Templates

Minggu, 23 Oktober 2011

Sedekah yang Paling Baik

budi_pekerti.jpg
Alkisah ada seorang pemuda yang bernama Saad. Suatu hari Saad pergi ke medan perang membela tanah airnya. Ketika di medan perang, Saad mendengar ibunya meninggal karena sakit.
Saad sangat sayang kepada ibunya. Ia ingin sekali bersedekah atas nama ibunya. Sayangnya, Saad tidak memiliki harta atau benda yang bisa disedekahkan. Akhirnya, ia menemui Nabi Muhammad SAW. Ia pun menceritakan masalahnya pada Nabi Muhammad SAW.

Mendengar cerita Saad, Nabi Muhammad SAW berkata. “Saad, ketika aku pergi ke medan perang ini, aku melihat banyak tentara kita yang kehausan. Mereka membutuhkan air. Karena itu, cobalah kamu gali tanah di dekat jalan itu. Buatlah sebuah sumur. Jadi, semua orang yang melewati jalan itu bisa memanfaatkan airnya untuk pelepas dahaga.”
Saad segera melakukan nasehat dari Nabi Muhammad SAW. Ia membuat sebuah sumur di tepi jalan. Sejak itu, setiap orang yang lewat di jalan itu, bisa meminum air dari sumur untuk melapaskan dahaga. Sumur itu pun bermanfaat bagi banyak orang selama bertahun-tahun.
Apa makna cerita di atas? Sedekah yang paling baik adalah sedekah yang bermanfaat bagi banyak orang.

0 komentar:

Posting Komentar