My Rainbow Dreams

Just Blogger Templates

Selasa, 18 Oktober 2011

5 Makanan yang Membahayakan Kesehatan Tulang

web bisnisTulang merupakan bentuk dan kerangka dasar dari tubuh Anda sehingga kesehatan tulang pun harus diperhatikan secara khusus karena tulang juga menopang berat badan, air, lemak, organ tubuh dan otot-otot kita. Salah satunya adalah dengan menghindari 5 makanan dan minuman yang bisa mengancam dan membahayakan kesehatan tulang, yaitu:

  1. GaramKonsumsi garam atau kadar natrium secara berlebih bisa menyebabkan hilangnya kandungan kalsium dalam tulang sehingga akan melemahkan tulang bahkan menyebabkan keropos tulang. Para ahli mengatakan kita akan kehilangan 40 mg kalsium dalam urine setiap konsumsi 2.300 mg natrium. Selain garam meja, garam juga kerap ditemukan pada hampir semua makanan olahan seperti sereal sarapan dan makanan cepat saji.Mengonsumsi makanan yang mengandung kaya akan kalium bisa membantu mengurangi hilangnya kalsium di dalam tulang dan membantu keseimbangan kadar natrium dalam darah tubuh. Makanan kaya kalium seperti ubi jalar, pisang, tomat dan bayam.
  2. AlkoholPengaruh konsumsi alkohol terhadap kesehatan tulang dapat meningkatkan risiko besar osteoporosis. Hal dikarenakan konsumsi alkohol bisa mengganggu pankreas dan penyerapan kalsium serta vitamin D yang bermanfaat untuk tulang. Selain itu alkohol juga mempengaruhi fungsi osteoblast (sel-sel pembentuk tulang) dan mengurangi estrogen yang membuat renovasi tulang melambat.
  3. Minuman bersoda (soft drink)Sebagian besar minuman soda yang kita konsumsi mengandung asam fosfat yang bisa meningkatkan laju ekskresi kalsium melalui urine. Selain itu minuman soda lebih dominan disukai jika bandingkan dengan minuman lain yang lebih sehat sehingga mengurangi asupan kalisum secara keseluruhan.
  4. Minyak terhidrogenasiVitamin K akan hancur saat minyak nabati cair dikonversikan ke dalam bentuk padat melalui proses hidrogenasi (menjenuhkan). Padahal vitamin K dibutuhkan untuk tulang kuat dan penyerapan kalsium. Saran kami cobalah menggantinya dengan minyak canola dan minyak zaitun.
  5. KafeinKafein yang hanya kita tahu terdapat didalam kopi, tapi sebenarnya juga ada dalam minuman energi. Terlalu banyak mengonsumsi kafein bisa membahayakan kesehatan tulang. Untuk mengatasinya cobalah membatasi asupan kopi, pilihlah minuman teh karena senyawa dalam tanamannya ada kemungkinan bisa melindungi tulang serta menambahkan susu pada kopi untuk mengurangi efek melemahnya tulang.

0 komentar:

Poskan Komentar