My Rainbow Dreams

Just Blogger Templates

Jumat, 12 Agustus 2011

Beda Jus, Beda pula Khasiatnya


Buah segar untuk kesehatan dan kesegaran tubuh.

KOMPAS.com -  Segar, lezat dan menyehatkan, itulah yang dapat kita gambarkan tentang jus buah dan sayuran. Mudah dan praktis, karena jus-jus bermanfaat itu dapat dibuat dari buah dan sayuran yang lazim kita jumpai di pasar ataupun supermarket.
Penasaran dengan khasiat-khasiat dari mereka, berikut adalah jus-jus buah dan sayuran yang memiliki segudang manfaat bagi kesehatan Anda :

1. Jus Apel : Bukan tanpa alasan pepatah tua mengatakan “sebutir apel tiap hari membuat dokter menjauh.” Apel sangat penuh akan nutrisi. Buah ini kaya akan vitamin B dan C, juga mengandung  potasium, magnesium, dan fosfor dalam jumlah yang kecil. Apel juga kaya akan pectin—suatu zat alami yang larut dalam air bertindak sebagai serat. Pectin membantu menurunkan kolestrol LDL (kolestrol “jahat”) dengan mengikat kolestrol dan lemak sebelum tubuh menyerap mereka—kolestrol dan lemak. Jus apel memiliki efek menenangkan dan membantu membersihkan sistem pencernaan, sangat bermanfaat untuk dikonsumsi ketika sedang diare. Karena tidak hanya mengganti elektrolit dan cairan yang hilang, tetapi juga memperkeras tekstur dari tinja yang dikeluarkan.
2. Jus Anggur : Kaya akan vitamin B dan C, jus anggur juga mengandung potassium, iodine, zat besi, tembaga, kalsium dalam jumlah yang kecil. Juga kaya akan antioksidan yang membantu dalam melawan stres dan mengeluarkan racun dari tubuh. Dengan meminum jus anggur, energi anda secepatnya akan kembali. Selain itu, jus anggur memiliki sifat anti-penuaan sehingga membantu menjaga keremajaan kulit dan organ tubuh. Bermanfaat dalam kondisi seperti sembelit, stres, sakit jantung, alergi, dan asam urat juga merupakan keistimewaan dari meminum jus anggur.
3. Jus Delima : Kaya akan antioksidan, jus delima telah terbukti efektif melawan kanker (terutama  kanker payudara dan prostat) dan menurunkan kolestrol LDL (kolestrol “jahat). Jus delima memiliki antioksidan 3 kali lebih banyak per 100 ml dari anggur merah atau pun the hijau. Kandungan antioksidan  yang tinggi tidak hanya membantu mencegah pengerasan arteri (penumpukan plak di dinding arteri atau istilah medisnya aterosklerosis), tetapi juga turut dalam penyembuhan dari penyakit tersebut. Sebuah studi yang diterbitkan jurnal Neurobiology of Disease juga menunjukkan bahwa jus delima mencegah atau memperlambat penyakit Alzheimer
4. Jus Lemon : Biarpun rasanya kecut, jus lemon, kaya akan vitamin C dan antioksidan, juga membantu meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Jus lemon juga bermanfaat untuk menurunkan berat badan dan detoksifikasi tubuh.
5. Jus Wortel : Kaya akan beta-karoten, jus jeruk merupakan gudangnya berbagai macam vitamin dan mineral seperti vitamin B, C, dan K; potassium, kalsium, fosfor, zat besi, aluminium, sodium, magnesium, zat besi, dan tembaga dan masih banyak lagi. Beta-karotin merupakan antioksidan yang sangat baik dan memiliki anti-kanker, anti-penuaan, dan anti-inflamasi. Jus wortel membantu menurunkan kolestrol LDL (kolestol “jahat”), menguatkan pembuluh darah, mengurangi kejang, dan membantu menormalkan proses pencernaan. Jus wortel juga sangat bermanfaat bagi ibu hamil, karena dapat membantu dalam perkembangan janin.
6. Jus Buah Bit : Mengandung vitamin B dan C, potasium, magnesium, dan zat besi. Bagus untuk menghilangkan rasa stres juga membantu menghilangkan berat badan dan insomnia. Jika dikombinasikan dengan wortel, jus akar ubi bit, baik diminum untuk menjaga gejala-gejala menopause pada wanita.
7. Jus Tomat : Jus tomat merupakan minuman penambah nafsu makan juga membantu meningkatkan metabolisme dan memperbaiki sitem pencernaan, selain itu juga membantu mengurangi berat badan. Jus tomat merupakan sumber lycopen, segelas jus tomat per hari dapat membantu menjaga tingkat stres Anda tetap rendah. Namun, jus tomat ini harus dihindari untuk orang yang terkena penyakit batu ginjal.
8.  Jus Cranberry : Jus cranberry mengandung bahan fitokimia yang dapat membantu mencegah berbagai macam penyakit seperti masalah jantung dan kanker. Merupakan obat terbaik untuk infeksi saluran kemih. Namun seperti jus tomat, jus cranberry harus dihindari bagi mereka yang terkena penyakit batu ginjal karena kaya akan oksalat.
9. Jus Kiwi : Jus kiwi kayak an vitamin C, zat besi, fosfor, dan kalium. Sehingga membantu dalam sistem pencernaan, penderita anoreksia, dan anemia. (M10-11)
 
 
Sumber : lifemojo

0 komentar:

Poskan Komentar