My Rainbow Dreams

Just Blogger Templates

Rabu, 24 Agustus 2011

7 Cara Maksimalkan Tidur untuk Bakar Kalori


Menurunkan berat badan membutuhkan perhatian dan dedikasi dari orang-orang yang mengejar kesehatan. Berolahraga hingga mengeluarkan banyak keringat dilakukan dengan harapan membakar kalori sebanyak mungkin.
Ketika usia masih relatif muda dan punya cukup stamina, Anda mungkin masih mampu melakukan latihan dengan sering. Tetapi ketika Anda menginjak usia pertengahan, olahraga-olahraga yang mengandalkan kekuatan fisik menjadi sangat berisiko, sehingga Anda mulai mencari beragam alternatif  untuk membantu Anda membakar kalori.
Salah satu cara yang mungkin bisa dilakukan adalah memaksimalkan pembakaran kalori di saat tubuh beristirahat.  Mungkin banyak yang tak percaya bahwa Anda sebenarnya bisa membakar banyak kalori saat tidur. Tapi ini memang benar-benar bisa terjadi!
Berikut adalah beberapa kebiasaan yang jika diaplikasikan ke dalam kehidupan sehari-hari dapat membantu anda menurunkan berat badan selagi Anda sedang lelap tertidur :
1. Makan malam 3 jam sebelum tidur 
Jika Anda makan malam sesaat sebelum tidur, maka proses pencernaan menjadi tidak lengkap dan sistenya menjadi lambat. Tidak hanya akan membuat timbunan lemak bertambah, tetapi juga akan merusak sistem pencernaan yang menyebabkan masalah seperti sembelit dan keasaman. Makan malam lebih awal akan memastikan pencernaan yang tepat dan membantu menjaga sistem pencernaan  dan tingkat metabolisme yang baik selagi Anda beristirahat.
2. Berjalan setelah makan
Berjalanlah setelah Anda menyantap makan malam dengan kecepatan lambat ataupun sedang. Ini membantu sistem pencernaan berfungsi lebih baik dan menjaga agar metabolisme tetap tinggi selama jam tidur. Kualitas tidur Anda juga meningkat dengan melakukan jalan kaki selama beberapa saat.
3. Latihan kekuatan fisik 
Orang-orang yang berlatih mengangkat beban di siang hari membakar lemak lebih banyak selama sesi latihan, sepanjang hari, dan bahkan di malam hari. Latihan kekuatan fisik membantu meningkatkan metabolisme tubuh dan membakar banyak kalori ketika tubuh sedang beristirahat.
4. Matikan pemanas ruangan
Mekanisme pertahanan alami tubuh dibangun sehingga jika Anda merasa kedinginan kemudian tubuh akan mengeluarkan kalori lebih banyak untuk menghangatkan. Maka dari itu, jika Anda berniat untuk menurunkan berat badan temukan kehangatan yang berasal dari dalam tubuh, bukan berasal dari sumber yang ada di luar seperti menggunakan pemanas ruangan.
5. Minum teh hijau atau air lemon hangat 
Kedua minuman ini mengandung antioksidan yang dapat melindungi tubuh terhadap kerusakan yang disebabkan radikal bebas—menyebabkan tingkat metabolism tubuh turun. Minuman ini dapat membuat Anda merasa segar dan energik sepanjang hari.
6. Tidur selama 7 atau 8 jam tiap malam
Tidur yang cukup dan berkualitas adalah hal yang sangat penting. Penelitian telah membuktikan bahwa tidur malam yang baik bisa meningkatkan kesejahteraan bagi si individu. Mereka yang kurang tidur memiliki metabolisme yang lambat pada siang hari dan cenderung menambah berat badan. Tapi, jika kebutuhan tidur terpenuhi, Anda akan memiliki metabolisme yang lebih baik, sepanjang hari!
7.  Rileks dan bermeditasi sebelum tidur
Jika Anda termasuk orang yang senang tidur dengan membawa kecemasan dan ketegangan, hal itu akan berakibat buruk pada kondisi fisik dan jiwa Anda. Untuk mencegah hal ini terjadi, pelajarilah beberapa teknik meditasi atau relaksasi. Praktekkan sebelum beranjak tidur sehingga Anda dapat mencegah kekhawatiran dan menghindari penambahan berat badan. Sekali lagi, tidur yang baik akan mengarahkan Anda pada kesehatan yang baik!

0 komentar:

Poskan Komentar