My Rainbow Dreams

Just Blogger Templates

Senin, 08 Agustus 2011

Tips Sehat Berpuasa

Tips Sehat Berpuasa – Tak terasa kita telah kembali memasuki bulan Ramadhan tahun ini. Dalam bulan suci Ramadhan seluruh umat muslim diwajibkan untuk berpuasa satu bulan lamanya. Kondisi tubuh yang sedang berpuasa sering membuat tubuh menjadi lemas dan tidak fit untuk melaksanakan tugas sehari – hari. Namun toh alasan karena sedang berpuasa rasanya tidak pantas kita kemukakan untuk menjelaskan produktivitas kerja yang menurun. Sebenarnya ada beberapa Tips Sehat Berpuasa yang dapat anda terapkan untuk menjaga kondisi tubuh selama menjalankan ibadah puasa.

Untuk anda yang melakukan ibadah puasa di bulan Ramadhan, berikut akan saya berikan Tips Sehat Berpuasa untuk anda agar anda tetap dapat melakukan aktivitas normal anda dengan baik meski sedang menjalankan ibadah puasa. Berikut Tips Sehat Berpuasa untuk anda :
  1. Jangan konsumsi makanan atau minuman yang mengandung terlalu banyak kafein dan gula. Mulailah perbanyak untuk meminum air putih lebih dari biasanya, misalnya 9 atau 10 gelas per hari.
  2. Menjelang malam, santaplah makanan tinggi karbohidrat, lengkap dengan protein, serat dan vitamin. Meskipun dini hari nanti Anda akan santap sahur, makan malam harus tetap dijalankan seperti biasa agar kebutuhan kalori tetap tercukupi untuk hari ini.
  3. Pada malam hari, konsumsilah makanan dalam porsi kecil setiap dua – empat jam sekali, tapi hindari yang tinggi kandungan garamnya. Karena, sodium dalam garam bisa mengurangi kadar air dalam tubuh.
  4. Bangunlah minimal satu jam lebih awal untuk santap sahur. Jadi, Anda bisa menikmati makanan dengan santai dan perlahan, juga memberi waktu bagi lambung untuk beradaptasi menerima makanan di luar jam makan biasanya.
  5. Jangan makan terburu-buru saat sahur, karena bisa menyebabkan perut ‘kaget’ dan mengalami konstipasi. Hindari juga makanan pedas dan terlalu banyak lemak. Makanan ini bisa memicu naiknya asam lambung sehingga menyebabkan perut mual dan perih.
  6. Biasakan Anda sudah selesai makan sahur, 15 menit sebelum tiba waktu berpuasa atau adzan subuh . Pergunakan waktu ini untuk minum segelas air putih, bersantai sebentar dan gosok gigi.
Itu tadi beberapa Tips Sehat Berpuasa untuk anda, semoga bisa  membantu anda sekalian yang sedang menjalankan ibadah puasa di bulan suci Ramadhan.

0 komentar:

Posting Komentar