My Rainbow Dreams

Just Blogger Templates

Jumat, 26 Agustus 2011

7 Kesalahan Fatal Dalam Mengetik


Assalamualaikum Wr. Wb
Anda tentu tidak asing lagi kegiatan  mengetik karena pastinya anda sudah sering melakukanya aatau bahkan bisa setiap hari anda mengetik.
Namun apakah anda yakin kalau cara mengetik anda sudah benar.
Saya yakin kebanyakan dari kita belum tahu apakah cara mengetik kita sudah benar atau salah.
Karena sebenarnya banyak orang yang melakukan kesalahan yang sangat fatal dalam mengetik, namun mereka tidak sadar bahwa mereka telah melakukan hal yang salah yang berakibat pada semakin lambatnya kegiatanmengetik dan mudah capeknya tangan saat mengetik, kesalahan ini tidak sadar telah mereka lakukan karena kebanyakan orang menganggap bahwa itu hanyalah hal sepele yang tidak berpengaruh pada kegiatan mengetik yang sedang dilakukan.
Namun sebenarnya kesalahan inilah yang membuat orang sangat kesusahan dalam mengetik.
Dan kesalahan yang sering dilakukan dalam mengetik yang sebenarnya sangat sepele yaitu :

1. Posisi Tubuh yang Salah
Banyak orang yang menganggap ini remeh dan tidak mempedulikannya yang mengakibatkan mengetik menjadi lambat dan gampang lelah.

Perbaikilah posisi duduk yang salah ini.
Kuncinya yaitu apabila dari awal posisi duduk anda sudah benar maka pada saat sedang mengetikpun anda sudah dalam posisi duduk yang benar.
2. Posisi Tangan dan Jari yang Seenaknya.
Ini yang paling banyak terjadi karena jari-jari tidak memiliki tugas tertentu untuk hanya menekan satu tombol. Bahkan mungkin hanya 2 jari yang dipergunakan untuk menekan semua tombol yang ada atau biasa disebut mengetik dengan 11 jari yaitu hanya dengan menggunakan 2 jari telunjuk. Keyboard tidak didesign untuk itu tetapi yang terbaik adalah 10 jari untuk semua tombol walau kadang ada yang menyebut 8 jari karena ibu jari tidak dipergunakan.
3. Memulai Mengetik Tanpa Acuan
Mengetik tanpa acuan akan berakibat menyulitkan kita dalam melanjutkan ke langkah yang selanjutnya.


4. Menekan Tombol Terlalu Keras
Menekan tombol terlalu keras berakibat kita lebih gampang lelah dan merusak keyboard padahal apabila kita menekan tombol dengan perlahan hasilnya akan sama dengan menekan secara keras.
5. Menghapus Kata Bukan Memperbaiki Kata
Hal ini juga sering dilakukan dalam mengetik, kebanyakan orang memilih menghapus semua huruf dalam sebuah kata apabila ada satu huruf yang salah. Bukankah lebih mudah apabila kita arahkan mouse ke kata itu lalu kita edit.
6. Tidak Menggunakan Keunggulan Aplikasi
Saat ini sudah banyak bermunculan aplikasi pengolah kata.
Misalkan saja yang paling popular adalah MS Word yang sebenarnya dalam aplikasi tersebut banyak terdapat fasilitas yang dapat kita gunakan untuk mempermudah mengetik.
Misalnya apabila kita ingin menulis huruf besar setelah tanda titik, kita tidak usah menggunakan tombol Shift atau Caps Lock, cukup memberikan spasi setelah tanda titik maka huruf awal pada kata itu otomatis akan menjadi besar.
Apabila anda menggunakan fasilitas-fasilitas yang tersedia secara maksimal maka pekerjaan pasti akanl ebih cepat.
7. Memperbaiki Kesalahan Dalam Mengetik
Saat menyadari ada kesalahan pada saat mengetik jangan langsung diperbaiki karena itu akan banyak memakan waktu, akan lebih baik selesaikan dulu sampai akhir. Lalu setelah selesai perbaiki kata-kata yang salah dari awal sampai akhir.

0 komentar:

Posting Komentar