My Rainbow Dreams

Just Blogger Templates

Kamis, 10 November 2011

Mengatur pola makan yang baik


Memiliki bentuk tubuh ideal tentu menjadi idaman setiap perempuan. Salah satu cara untuk memperolehnya adalah dengan mengatur pola makan. Tentu tidak salah jika kita senang makan coklat atau es krim, tetapi kita harus mengimbanginya dengan mengonsumsi makanan yang berserat dan berprotein. Kata kunci dalam diet pola makan adalah ‘cukup’. Kita boleh mengonsumsi apa saja yang kita sukai, asalkan dalam jumlah yang ‘cukup’ dan tidak berlebihan.

Berikut ini adalah tips pola makan untuk menjaga bentuk tubuh ideal:

  • Sarapan dengan makanan yang berkarbohidrat, seperti nasi, roti, jagung atau oat meal. Jika suka, dampingi dengan minum susu tinggi kalsium namun rendah lemak.
  • Selingi jam makan antara sarapan dan makan siang dengan cemilan sehat, seperti dua potong brownies kukus dengan segelas jus buah atau yoghurt.
  • Makan siang dengan menu lengkap karbohidrat, protein dan lemak dalam jumlah yang seimbang. Nasi atau kentang, sayur dan sepotong daging sudah sangat cukup. Variasikan menu agar tidak bosan.
  • Makanlah cemilan manis di sore hari, seperti cake atau bolu kukus, dengan secangkir teh tawar. Hal ini baik untuk menahan lapar sebelum makan malam.
  • Makan malam dengan menu protein nabati. Hindari mengonsumsi protein hewani, karbohidrat dan lemak berlebih di malam hari. Makan malam dengan menu salad sayuran atau buah dapat menjadi pilihan diet yang baik.
  • Selalu minum air putih setelah makan.

0 komentar:

Poskan Komentar