My Rainbow Dreams

Just Blogger Templates

Rabu, 28 September 2011

Cara Asik Bermain dengan Angka

Ternyata hitung-hitungan gak selamanya membosankan :
nie ada permainan agar anda keliahatan hebat di depan teman-teman anda "bagi anda yang tidak suka berteman dengan angka-angka"


tebak angka lagi

Permainan ini hanya membutuhkan kemampuan kita dalam operasional hitungan dasar, seperti menjumlah, mengurangi, mengalikan, maupun membagi. Dan operasi hitungan yang sangat dasar itu sudah bisa kita gunakan untuk mengetahui apa yang dipikirkan Orang lain ! Nah lo ...
Sekarang, ikuti instruksi berikut ini :
1. Pikirkan sebuah bilangan tertentu
(Boleh pilih bilangan berapapun, atau yang manapun, terserah kamu bebas ...)
2. Kali bilangan tersebut dengan dua
3. Hasilnya Tambah dengan tiga belas
4. Kemudian kurangi dengan tiga
5. Lalu bagi dengan dua
6. Terakhir, kurangi dengan bilangan yang kamu pikirkan tadi ...

Kalu hitunganmu benar pasti hasil akhirnya lima ! (kalo gak percaya coba cek pake kalkulator) Hebat kan ... Kok bisa yah !?, Penasaran ?...


Oke biar kamu gak mati penasaran, caranya biasa aja kok. Apalagi kalau kamu jago aritmatika. Penasaran apa hubunganya sama aritmatika ? Oke begini nih penjelasannya, biar saya kasih tahu ... :

Aku gak tau bilangan yang kamu pirikan tadi, anggap saja tadi bilangan X. Nah, dalam matematika bilangan yang belum kita ketahui namanya variabel. Gini nih kuncinya :
1. Coba kalikan variabel itu dengan dua maka hasilnya 2X
2. Hasilnya ditambah tiga belas, jadinya 2X + 13
3. Terus dikurangi tiga, jadinya 2X + 13 - 3 = 2X + 10
4. Lalu dibagi Dua, maka hasilnya diperoleh 2X + 10 / 2 = X + 5
5. kurangi dengan bilangan yang dipikirkan semula, maka X + 5 - X = 5
6. Nah, kan hasilnya 5

Mudah bukan ? Kalo kamu mau, kamu bisa mengkreasikan sendiri dengan menambah atau membuat beberapa operasional hitungan baru, sehingga diperoleh angka yang istimewa, seperti tanggal ulang tahun temen atau semacamnya.
Terus, kita bakalan menebak apa yang dipikirkan orang laen dengan cara berikut ini. Di kiri adalah perintah yang kita berikan pada orang lain, di sebelah kanan adalah apa yang mesti kita sendiri lakukan.

Ini nih contohnya :
1.Pikirkan sebuah bilangan (anggap X , N , atau apa lah!)
2.Kalikan dengan 3 (3X)
3.Tambah 9 (3X + 9)
4.Bagi sama 3 (3X + 9 / 3 = X + 3)
5.Kurangi 2 (X + 3 – 2 = X + 1)

Setelah langkah ini, kita bisa meminta orang tadi untuk menyebutkan hasil akhirnya. Misalkan hasil akhirnya 9, maka kita bisa menebak bilangan yang dia pikirkan tadi adalah 8. Gitu deh caranya .....

Kalau mau, kamu bisa mengkreasikan sendiri berbagai macam perintahnya. Syaratnya, temen kita tadi harus bisa aja itung-itungan jangan kamu kasih ke anak TK, ntar malah kamu yang pusing sendiri. And jangan lupa aja sama formulanya. Trik ini cukup bisa membuat kita kelihatan keren ... (walaupun rada ada unsur ngibulin orang sich ^^)

Masih mau trik yang lainnya lagi ? ... Oke deh, tak kasih tau lagi. Kali ini kita bakal menggunakan sistem bilangan bunder, eh bulat. kita akan mencoba mengorbankan bilangan bulat ini untuk uji coba trik kita

Oke misalkan temen kamu milih bilangan 123, dan andaikan saja loe belum tau bilangan itu ... Untuk mengetahui bilangan itu, coba kamu melakukan operasional hitungan kayak gini :
1.Pikirkan sebuah bilangan (123, kan tadi ...)
2.Tambahkan dgn 4 blngan selanjutnya (123 + 124 + 125 + 126 + 127 = 625)
3.Bagi dengan angka 5 (625 : 5 = 125)

Nah, terus tanyakan ke teman kita maka dia akan menjawab hasilnya 125. Setiap bilangan dipikirkan yang oleh temanmu tadi pasti hasilnya sama dengan Hasil akhir dikurangi dengan 2. Kok mesti angka 2 , bukan 3 atau 4 atau yang laen ?

Gini nih penjelasannya, banyaknya bilangan kan ada 5 dan lagi bilangan itu berurutan dengan selisih antara bilangan sebelumnya 1. Oleh karena itu rata-rata dari kelima bilangan ituadalah bilangan yg terletak di tengah-tengah. Bilangan rata-rata inilah yang pasti menjadi hasil akhir dari perhitungan kamu tadi. Karena selisih setiap bilangan adalah 1, maka selisih bilangan pertama dan ketiga adalah 2.

Trik diatas bisa kita terapkan pada bilangan yang jumlahnya besar. Tapi, harus di ingat - jumlah bilangan yang dipikirkan harus ganjil dan ditambah dengan bilangan genap selanjutnya( contohnya tadi kan, jumlah bilangan diatas 5, yaitu 1 bilangan yang dipikirkan ditambah 4 bilangan berikutnya ). Terus, kalo genap gimana ?

Biar Triknya lengkap and komplit aku kasih sekalian aja deh. Ikuti Instruksi berikut :
1. Pikirkan suatu bilangan ( contoh : 5)
2. Kuadaratkan Bilangan tersebut ( 5x5 = 25)
3. Kuadartakan bilangan berikutnya ( bilangan berikutnya 6 --> 6x6 = 36 )
4. Kurangi hasil kuadratnya ( 36 - 25 = 11 )
5. Kemudian, kurangi 1 ( 11 - 1 = 10 )
6. Bagi 2 ( 10 : 2 = 5 )
7. Nah, angka 5 ini lah yang dipikirkan oleh temanmu tadi

Jadi saat akhir sesi "ngibulin" teman kita tadi, kita tanyain dulu hasilnya setelah dikurangi angka 1. Nah, dengan begitu kita bisa tau kalo angka awal yang di pikirkan tadi adalah hasil dari pengurangan angka 1(pada nomer 5) terus dibagi 2. Maka itulah hasil akhir dari angka yang teman kita pikirkan tadi.

Silahkan mencoba .....






0 komentar:

Poskan Komentar