My Rainbow Dreams

Just Blogger Templates

Minggu, 25 Maret 2012

6 cara memberikan sebuah perhatian


Salah satu kebutuhan psikologis manusia adalah perasaan dihargai dan diakui “keberadaan”nya. Seperti orang yang lapar akan makanan, orang juga bisa “lapar” akan perhatian yang diberikan oleh orang lain. Orang akan merasa perhatian yang diberikan oleh orang lain akan memberikan “gizi” bagi kesehatan jiwanya. Dan untuk mendapatkan perhatian dari orang lain, tentunya kita juga harus memberikan perhatian juga kepada orang lain. Dan cara untuk menunjukan perhatian itu antara lain:

1. Pernyataan yang penuh perhatian

Beberapa contoh:

• Saya merasa bertanggung jawab atas kebahagiaanya
• Saya mencoba untuk berada didekatnya manakala ia kacau
• Bila ia membutuhkanku aku akan datang segera
• Kebahagiannya penting bagiku
• Saya menghindari apa-apa yang membuat hatinya terluka
• Walaupun saya merasa marah dan terluka, saya selalu berusaha keras untuk mengerti posisinya.
• Saya ingin membantunya mencapai tujuan yang diiginkannya.
• Saya selalu mengingat hari ulang tahunmu


Pernyataan-pernyatan itu menunjukkan kepedulian kita yang mengandung tema dukungan emosional, menunjukkan pengertian, peduli kepada kebahagian pihak lain, dorongan untuk memberikan kebahagiaan dan menghindari terluka, dan hormat serta mendukung pribadi pihak lain.

2. Mendengar aktif
Kita juga dapat menunjukkan perhatian kita dengan sungguh-sungguh mendengarkan apa yang dikatakan kepada kita. Dan memberikan respon positif terhadap apa yang dikatakan maupun yang dilakukannya

3. Melalui tekanan suara
Hangat, simpati, ekspresif, dan tertarik.

4. Melalui bahasa tubuh
Ketika berbicara kita harus menunjukkan pandangan mata, kontak mata, orientasi tubuh, dan ekspresi wajah unutk menunjukkan semua minat dan kepredulian kita padanya. Pada saat dia berbicara pada kita, kita juga harus menunjukkan sikap badan yang penuh perhatian padanya.

5. Melalui sentuhan
Sentuhan bisa jadi merupakan cara terbaik untuk menunjukan perhatian kita pada seseorang, terutama yang kita beri perhatian.

6. Melalui tindakan
Memberi kartu ulang tahun, merwatnya ketika sakit, beriinisitaif mengajaknya ketempat yang menyenangkan baginya, menunjukkan perhatian melalui bunga, puisi, dan berbagai hadiah spontan lainnya. Dan tentunya tindakan paling mudah untuk memberikan perhatian adalah dengan senyuman. Senyuman yang tulus dari dalam hati untuk memberikan perhatian dan “coklat” psikologis bagi orang lain.^_^

0 komentar:

Posting Komentar